s. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS


MAKALAH STYROFOAM

PENDAHULUAN

  Latar Belakang
Styrofoam banyak digunakan masyarakat untuk wadah pembungkus makanan. Selain itu, styrofoam juga mampu mempertahankan panas dan dingin, termasuk mempertahankan bentuknya saat dipegang. Tetapi dari desas – desus yang kami dengar, styrofoam sangat membahayakan karena punya dampak terhadap lingkungan, kesehatan dan juga global warming. Untuk itu kami akan membahas styrofoam sebagai bahan karya ilmiah kelompok kami.
2.      Tujuan
      - Mengetahui dampak styrofoam bagi kesehatan, lingkungan dan global warming
      - Agar kita lebih memperhatikan wadah makanan saat kita membeli makanan siap saji
3.      Metodolog
      - Mencari sumber di internet dengan berbagai alamat
4.      Rumusan Masalah
      -         Bagaimana proses pembuatan styrofoam?
      -         Apa saja dampak dari penggunaan styrofoam?
      -         Mengapa styrofoam berbahaya bagi kesehatan?


PEMBAHASAN

 Styrofoam atau plastik busa masih tergolong plastik. Bentuknya simpel, ringan, tahan bocor, murah dan bisa menjaga suhu dengan baik. Styrofoam dibuat dari monomer stirena melalui polimerisasi suspensi pada tekanan dan suhu tertentu, selanjutnya dilakukan pemanasan untuk melunakkan resin dan menguapkan sisa blowing agent. Bahan sadarnya 90-95% polystrene dan styrofoam ini dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker. Karena bahan-bahan kimia yang ada pada styrofoam bisa berpindah ke dalam makanan dan memicu munculnya kanker. Karena styrofoam terbuat dari butiran stryrene yang diproses dengan benzana, padahal benzana termasuk zat yang bisa menimbulkan berbagai penyakit. Seperti kelenjar tyroid, menganggu sistem saraf sehingga menyebabkan kelelahan, mempercepat detak jantung, sulit tidur, badan gemetaran dan mudah gelisah. Bahkan bisa mengakibatkan hilang kesadaran dan kematian. Saat benzana termakan dia akan masuk ke sel – sel darah merah dan merusak sumsum tulang belakang, akibatnya produksi sel darah merah berkurang dan menyebabkan anemia. Efek lainnya adalah, sistem imun berkurang sehinggan mudah terinfeksi. Zat ini berakibat buruk terhadap siklus menstruasi dan mengancam kehamilan, bahkan yang paling berbahaya bisa menyebabkan kanker payudara dan kanker prostat.
            Sementara itu bahan peniup pembuatan styrofoam terbuat dari Cloro Fluoro Carbon (CFC) yang merupakan gas tidak beracun dan mudah terbakar serta sangat stabil. Begitu stabilnya, gas ini baru bisa terurai sekitar 65 – 130 tahun kemudian. CFC adalah salah satu Gas Rumah Kaca yang bila berada di atmosfer menyerap sinar inframerah yang dipantulkan oleh bumi. Gas ini akan melayang di udara dan mencapai lapisan ozon di atmosfer serta menjebol lapisan pelindung bumi dan menimbulkan efek rumah kaca. Kemampuan gas – gas rumah kaca dalam penyerapan panas (sinar inframerah) dikenal sebagai GWP yaitu Greenhouse Warming Potential. Makin tinggi nilai GWP suatu zat tertentu, makin efektif pula pengaruhnya terhadap kenaikan suhu. Kalau tidak ada lapisan ozon, radiasi cahaya ultraviolet mencapai permukaan bumi dan menyebabkan kematian organisme, tumbuhan menjadi kerdil, ganggang di hutan mati, terjadi mutasigenetic, menyebabkan kanker kulit atau kanker retina mata. Menurut pengamatan, lubang ozon diatas Kutub Selatan semakin lebar bahkan sudah meluas sampai 3x benua Eropa, hal ini bisa menyebabkan naiknya permukaan air laut.


PENUTUP

       -  Kesimpulan
Styrofoam merupakan limbah plastik yang mempunyai bentuk simpel, ringan, murah tapi tidak bisa diuraikan oleh tanah. Dan mempunyai dampak buruk pada kesehatan, lingkungan dan global warming.

    -  Saran 
Untuk mengurangi limbah styrofoam, sebaiknya kita menggunakan kemasan makanan yang aman dan ramah lingkungan.

    -  Gambar - gambar

   


 
 








 

 







      * Daftar Pustaka
     -         http://www/b-foam.com
     -         Kompas.com
     -         Okesharezone.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Baccarat (E-wallets) - WURRione
It is commonly 바카라 사이트 considered the best in casino games, for 바카라 사이트 those who have never งานออนไลน์ played and love the game, we recommend E-wallets. E-wallets,

Posting Komentar